Manfaat Tersembunyi Mengunyah Makanan Dengan Benar Bagi Kesehatan

Tak jarang beberapa orang sering melakukan kesalahan saat mengunyah makanan dengan alasan takut terlambat ke kantor atau ke sekolah. Padahal banyak keuntungan yang didapat bila mengunyah makanan secara perlahan. Inilah Manfaat Tersembunyi Mengunyah Makanan Dengan Benar Bagi Kesehatan

Selamat datang di http://caratingkatkanfungsisistempencernaan.blogspot.com yang tak lain adalah salah satu situs Alfian Herbal yang merupakan agen resmi Green World yang menyediakan berbagai macam obat herbal yang efektif dalam mengobati segala jenis penyakit. Kami tidak hanya memberikan informasi mengenai solusi pengobatan, tapi juga akan memberikan informasi mengenai Manfaat Tersembunyi Mengunyah Makanan Dengan Benar Bagi Kesehatan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak informasi dibawah ini.

manfaat tersembunyi mengunyah makanan dengan benar bagi kesehatan
Manfaat Tersembunyi Mengunyah Makanan Dengan Benar Bagi Kesehatan | Mengunyah menjadi hal yang penting. Memang banyak orang yang kurang memperhatikan hal ini. Sebenarnya mengunyah dengan baik sangat membantu pencernaan. Bahkan saking cepatnya mengunyah ada yang hanya beberapa kali kunyahan kemudian menelan. Ternyata ditemukan fakta bahwa mengunyah akan mendapatkan banyak dampak bagi kesehatan seseorang.

Berikut cara mengunyah yang dianjurkan oleh ahli kesehatan :

  1. Potong makanan dalam porsi kecil sehingga Anda dapat memasukkan ke dalam mulut dengan mudah, sehingga dapat dikunyah dan ditelan dengan mudah pula.
  2. Kunyah sampai tekstur makanan halus. Baik itu makanan kering atau berair, makanan harus dikunyah sampai benar-benar halus di dalam mulut.
  3. Hindari menelan makanan secara langsung. Kunyah dengan benar dan perlahan-lahan telah ke tenggorokan. Jika Anda menelan semua bersama-sama, Anda bisa tersedak atau melukai kerongkongan.
  4. Setelah menelan makanan, tunggu sampai mulut kosong baru mengambil makanan. Jika Anda tersedak, minum air dan tenang.

Manfaat mengunyah makanan

 Jika anda menerapkan cara mengunyah yang benar seperti diatas, ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan, antara lain :

  • Makanan yang halus lebih efisien dipecah oleh enzim

Mengunyah makanan adalah kegiatan mekanis dan kimia dalam rongga mulut. Mengunyah makanan secara mekanis adalah memecah molekul yang lebih besar menjadi partikel yang lebih kecil. Makanan menjadi lebih hangat dan lembut. Hal ini memberikan manfaat akan meningkatkan luas permukaan makanan sehingga menjadi lebih efisien dalam memecah enzim air liur.

  • Mengunyah makanan lama untuk memastikan makanan terkena air liur

Salah satu point penting dalam mengunyah makanan adalah mengunyah dan mencampurnya dengan air liur. Saliva dalam air liur tidak hanya membantu untuk melumasi makanan, namun juga mampu mengurangi beban kerongkongan, selain itu juga mengandung enzim yang yang berperan penting dalam proses kimiawi pada pencernaan. Semakin lama mengunyah, semakin banyak waktu untuk enzim ini membuat pencernaan lebih mudah dicerna pada perut dan usus kecil.

  • Mengunyah makanan lama berguna untuk melemaskan otot perut bagian bawah

Mengunyah makanan secara langsung berkaitan dengan pergerakan makanan melalui saluran pencernaan khususnya pada gerakan makanan dari perut ke usus kecil. Pada ujung bawah perut ada bagian otot yang disebut pilorus. Otot ini harus rileks agar makanan dapat mudah meninggalkan lambung dan masuk ke usus kecil. Air liur yang cukup dari pengunyahan optimal akan membantu merilekskan pilorus, dan dengan cara ini dapat membantu memindahkan makanan melalui saluran pencernaan dengan cara yang sehat.

  • Mengunyah makanan lama menjadi pemicu sisa dari proses pencernaan

mengunyah makananMengunyah merupakan aktivitas yang dapat mengaktifkan sinyal pesan ke seluruh sistem pencernaan yang kemudian akan dapat memicu untuk memulai proses pencernaan secara keseluruhan. Hal ini disebabkan ketika mengunyah dengan baik bolak-balik dan dilakukan secara menyeluruh, disebut dengan “tahap cephalic pencernaan,” fase di mana pertama kali melihat, mencium, dan rasa makanan. Lamanya waktu yang dihabiskan mengunyah makanan berkaitan dengan panjang tahap cephalic pencernaan karena dengan mengunyah lebih lama, semakin lama makanan akan terlihat, terasa, dan berbau.

Penelitian tentang respons fase cephalic ini menunjukkan bahwa pelepasan molekul kecil sangat penting untuk pencernaan akan meningkat lebih dari 50% dengan hanya dengan melihat dan bau makanan. Penelitian juga telah menemukan cara mengunyah, serta aktivasi reseptor rasa di mulut dapat mendorong sistem saraf untuk menyampaikan informasi ke sistem pencernaan dalam mengoptimalkan proses pencernaan. Misalnya, stimulasi reseptor rasa dapat memberikan sinyal lapisan lambung untuk menghasilkan asam klorida yang akan membantu dalam pemecahan protein. Selain itu, mengunyah akan memberikan sinyal pankreas dalam persiapan untuk mengeluarkan enzim dan bikarbonat ke dalam lumen usus kecil.

Selain itu mengunyah makanan memungkinkan untuk menikmati makanan secara maksimal. Ketika berfokus pada makanan maka akan merasakan makan secara intens. Hal ini akan menciptakan rasa puas sementara membuat kita mencintai dan menghargai makanan.

  • Mengunyah makanan lama sangat membantu penyerapan nutrisi.

Mengunyah makanan menjadi penting sehingga dapat memastikan makanan sepenuhnya dicerna, karena tidak semua makanan yang masuk ke dalam mulut dapat dicerna dalam perut. Mengunyah makanan dengan benar akan memungkinkan pemecahan semua makanan sehingga memastikan bahwa semua nutrisi dari makanan yang tersedia untuk tubuh.

  • Mengunyah makanan lama memudahkan pencernaan lebih mudah larut di usus

Tidak mengunyah makanan tidak baik untuk proses pencernaan. Pencernaan karbohidrat sendiri dimulai dengan enzim di dalam air liur kemudian berikatan secara kimia menghubungkan gula sederhana yang terdiri pati. Pada saat yang sama, tahap pertama pencernaan lemak juga dimulai di mulut dengan sekresi enzim oleh kelenjar yang terletak di bawah lidah. Air liur mengandung enzim pencernaan ini membuat sehingga semakin lama mengunyah, semakin banyak waktu enzim ini harus mulai, maka akan membuat pencernaan lebih mudah diproses pada perut dan usus kecil.

  • Mengunyah lama dapat mengurangi gas dan sendawa

Mengunyah makanan yang cukup akan dapat menurunkan kelebihan bakteri di usus. Dengan mengunyah setiap gigitan makanan secara menyeluruh, makanan yang dipecah ke partikel terkecil berarti membuat sedikit atau tidak ada udara yang akan terkandung dalam bolus sehingga mengurangi gas dan bersendawa. Tidak mengunyah makanan dengan baik menciptakan ruang untuk partikel makanan besar yang tidak mudah dan dicerna oleh perut sepenuhnya. Oleh karena itu beberapa makanan akan ditinggalkan dan sebagian lagi diproses. Makanan yang tidak tercerna ini akan menyebabkan peningkatan bakteri dalam usus, yang dapat menyebabkan berbagai gejala termasuk, gas dan kembung, diare atau sembelit, maag, sakit perut dan kram dan sebagainya.

  • Mengunyah makanan dengan lama akan mempertahankan dalam menghemat  energi yang dikeluarkan dalam proses mencerna

Mengunyah makanan akan mempertahankan energi. Proses pencernaan membutuhkan banyak energi yang dihasilkan oleh tubuh. Tidak mengunyah makanan secara menyeluruh membuat bagian lain dari sistem pencernaan harus menggunakan lebih banyak energi dan bekerja lebih keras untuk memecah makanan. Partikel yang lebih kecil dari makanan yang dipecah oleh cara mengunyah memungkinkan membuat makanan bergerak melalui seluruh jalur pencernaan dengan lebih mudah. Pertama perut dapat bekerja lebih efisien dan lebih cepat untuk memecah makanan.

Dari sana makanan melakukan perjalanan ke usus kecil lebih efisien. Richard Mattes, seorang profesor makanan dan nutrisi di salah satu universitas di West Lafayette, mengungkapkan bahwa ukuran partikel makanan mempengaruhi bioaccessibility energi makanan itu. “Semakin banyak mengunyah, semakin sedikit energi yang hilang dan lebih banyak yang disimpan dalam tubuh,” ia menjelaskan. Tidak hanya penelitian yang menjelaskan kebiasaan mengunyah, namun hasilnya dapat mengubah cara kita mengkonsumsi makanan.

  • Mengunyah makanan dengan lama dapat mengurangi resiko keracunan makanan

Mengunyah makanan dapat mengurangi risiko keracunan makanan. Air liur yang mengandung enzim (lisozim) yang berguna dalam menghancurkan patogen yang ditularkan melalui makanan dan dapat menyebabkan penyakit serius bahkan kematian. Semakin banyak mengunyah, maka semakin mudah mengeluarkan enzim anti-bakteri.

  • Mengunyah makanan memfasilitasi penyerapan vitamin

Mengunyah makanan yang cukup akan memfasilitasi penyerapan vitamin secara maksimal, mineral dan nutrisi lainnya. Makanan benar dengan dikunyah lama membuat lebih mudah bagi usus untuk menyerap nutrisi. Proses pencernaan penting paling untuk dapat mengunyah lama sehingga dapat mengurangi sisa dari proses pencernaan.

Nah, itulah Manfaat Tersembunyi Mengunyah Makanan Dengan Benar Bagi Kesehatan.  Seperti disebutkan, air liur membunuh bakteri yang mungkin mempengaruhi pencernaan. Jika makanan dikunyah tidak benar dan langsung ditelan, pencernaan membutuhkan lebih banyak waktu dan bakteri dari makanan dapat menyebabkan gas atau sakit perut.

BACA JUGA -> Manfaat Mengagumkan Dari Air Tebu.

Manfaat Tersembunyi Mengunyah Makanan Dengan Benar Bagi Kesehatan



Manfaat Tersembunyi Mengunyah Makanan Dengan Benar Bagi Kesehatan Manfaat Tersembunyi Mengunyah Makanan Dengan Benar Bagi Kesehatan Reviewed by vivinurfitriani on 23.06 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.