Manfaat Berkumur Dengan Air Garam Hangat

Bukan hanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, namun garam juga sering di manfaatkan sebagai obat ataupun untuk kecantikan. Namun pernahkan anda menggunakan garam untuk berkumur? Ternyata Berkumur Dengan Air Garam ini sangatlah bermanfaat. Inilah Manfaat Berkumur Dengan Air Garam Hangat
Selamat datang di salah satu website Alfian Herbal yang merupakan agen resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya. Kami melayani pesanan dan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri, kami juga melayani pelanggan dengan sistem “Barang Sampai Baru Bayar“.

 Manfaat Berkumur Dengan Air Garam Hangat

manfaat berkumur dengan air garam hangat
Manfaat Berkumur Dengan Air Garam Hangat - Garam merupakan salah satu bahan yang sering dijadikan sebagai salah satu bumbu dapur untuk memasak. Garam memang sudah dari dulu dijadikan sebagai bumbu dapur yang lumrah, garam sendiri memiliki rasa yang asin.
Pernah dengar tentang berkumur dengan air garam? Tubuh memerlukan garam dalam ukuran tertentu jika kelebihan garam yang dikonsumsi maka tidak baik untuk tubuh. Oleh karena itu air garam itu bukan untuk ditelan tapi hanya dikumur-kumur saja.
Saat ini sudah banyak mouthwash yang mengandung bahan aktif seperti povidone, cetypyridinium chlorida, chorhexidine, dll.  Bahan-bahan ini memiliki efek samping seperti merusak email gigi dan dapat mengurangi ketajaman indera perasa, terkadang iritasi di rongga mulut. Maka sekarang ada alternatif mouthwash yang herbal dan mudah ditemukan, yaitu dengan menggunakan larutan air garam.

Manfaat berkumur dengan air garam

Air garam ini digunakan untk berkumur dan bukan untuk ditelan. Sehingga manfaat yang akan di dapat akan banyak berpengaruh pada mulut kita, baik itu pada gigi, gusi, dan sekitarnya. Sejatinya berkumur dengan air garam sudah lama di lakukan oleh nenek moyang kita. Entah siapa yang mengawali, namun kepercayaan mereka dengan menggunakan garam untuk berkumur faktanya memang sangat bermanfaat bagi kesehatan mulut. Hal itu tidak lepas dari kandungan natrium kloida dan iodium dalam garam. Berikut ini berbagai manfaat berkumur dengan air garam yang perlu kita ketahui:
  • Membersihkan mulut
Sejak dahulu orang-orang memanfaatkan garam untuk berkumur. Selain untuk alasan kesehatan, untuk menghemat uang juga bisa. Berkumur dengan air garam dapat menggantikan peran mouthwash. Jika ada yang khawatir menggunakan mouthwash dapat menggunakan air garam untuk berkumur.
  • Obat kumur paling murah
Setiap hari pasti ada orang yang sakit gigi atau radang gusi, dll. Menggosok gigi saja tidak cukup untuk membersihkan kuman dan bakteri dalam mulut karena bakteri dan kuman akan diam di sela-sela gigi. Berkumur dengan mouthwash dapat membersihkan lebih efektif mulut. Jika tidak ada mouthwash bisa menggunakan air garam sebagai alternatif, selain murah tapi mudah ditemukan.
  • Mencegah timbulnya rasa ngilu
Garam dapat membersihkan gigi tanpa merusak lapisan gigi atau email gigi. Tetapi untuk gigi sensitif tidak dianjurkan terlalu sering berkumur dengan garam. Campuran air dengan garam ini dahulu menjadi pengganti pasta gigi dan manfaatnya hampir sama bagusnya dengan pasta gigi saat ini.
  • Melindungi email gigi
Kandung natrium klorida dan iodium dalam garam telah lama dimanfaatkan untuk kesehatan. Dalam garam juga mengandung flour dan phospor yang bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi serta dapat melindungi email gigi dari kerusakan.
  • Baik bagi penderita radang gusi
Berkumur dengan air garam ini baik untuk penderita radang gusi karena air garam akan menarik keluar bakteri dari sel sehingga bakteri keluar dari sel dan mati.
  • Menguatkan Gusi
Obat kumur seharusnya membunuh kuman dan sisa makanan di rongga mulut. Kandungan 1,5% natrium klorida sudah dapat membunuh kuman dan menghilangkan sisa makanan di rongga mulut. Air garam juga dapat melenturkan otot dan mengurangi rasa sakit pada otot. Selain itu berkumur dapat mengurangi peradangan dan mencegah infeksi. Garam dapat menguatkan gusi karena bersifat astrigen.
  • Menghilangkan bau mulut
Penggunaan garam dengan konsentrasi rendah akan menyuburkan pertumbuhan bakteri. Tapi sebaliknya jika penggunaan garam dengan konsentrasi tinggi atau yang tepat akan membunuh bakteri tersebut. Kandungan iodium di garam baik untuk mikroorganisme dan tidak menimbulkan warna dan bau.
  • Meredakan sakit gigi
Selain itu dapat meringankan sakit gigi saat kita sakit gigi. Karena garam dapat meringankan rasa sakit. Beberapa orang terhindar dari sakit gigi karena rutin berkumur dengan air garam. Jika gejalanya terus berlanjut bisa berkonsultasi ke dokter gigi.

Cara menggunakan air garam untuk berkumur

Ada beberapa variasi resep air garam untuk berkumur. Namun, Anda dapat menggunakan satu resep paling mudah dan sesuai dengan selera pribadi yang akan dijelaskan di bawah ini. Dan ingatlah untuk tidak membuatnya terlalu asin.
  • Menggunakan setengah sampai tiga per empat sendok teh garam yang dicampur dengan satu gelas air hangat.
  • Setelah garam larut, teguk sedikit air dan kumur di sekitar gusi dan mulut. Lakukan ini selama 30 detik dan kemudian muntahkan semuanya.
  • Lakukan lagi hal tersebut untuk kedua kalinya dan ulangi selama 30 detik. Ini akan mengangkat potongan makanan yang menempel di celah gigi dan membunuh bakteri yang menyebabkan plak berlebih.
  • Kemudian sikatlah gigi dan gunakan benang gigi.
  • Beberapa merekomendasikan untuk menambahkan baking soda ke setengah sendok air garam yang dicampur dengan air hangat. Ini juga dapat membantu memutihkan gigi Anda. Larutan lainnya yang dapat digunakan dalam kombinasi dengan garam adalah hidrogen peroksida, minyak kelapa, sari lidah buaya, wijen, atau minyak bunga matahari.
 Demikian informasi Manfaat Berkumur Dengan Air Garam Hangat yang dapat kami sajikan. Semoga informasi diatas bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam Hangat

Manfaat Berkumur Dengan Air Garam Hangat Manfaat Berkumur Dengan Air Garam Hangat Reviewed by vivinurfitriani on 19.04 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.